Rabu, 31 Desember 2008

Dampak Printer Bagi Kesehatan

Bahaya rokok bagi kesehatan tentu sudah banyak masyarakat yang tahu. Namun tahukah anda bahwa printer, terutama printer laser jet yang biasa dipakai di kantoran dapat menimbulkan bahaya juga bagi kesehatan. Seperti halnya rokok yang memancarkan partikel- partikel kecil yang berbahaya bagi kesehatan, printerpun juga memancarkan partikel berbahaya dalam jumlah tidak sedikit. Bahaya kesehatan yang ditimbulkan mulai dari iritasi bagi pernafasan hingga masalah kardiovaskuler dan kanker.
Ancaman kesehatan ini dipublikasikan oleh professor lidia morawska ( International Laboratory for Air Quality and Health) dalam hasil studinya yang melibatkan 62 jenis printer. Menurutnya emisi partikel kecil yang berasal dari toner printer dapat masuk hingga ke dalam paru- paru seperti halnya asap rokok yang dihirup. Masalahnya jika dihirup , partikel kecil ini akan menimbulkan efek negative layaknya rokok. Resiko yang ditimbulkan akan semakin meningkat jika anda berada di dekat printer atau pada ruangan yang sirkulasi udaranya kurang aau buruk. Faktor lainnya yang juga ikut andil dalam menentukan besar kecil-nya emisi adalah usia toner atau catridge yang digunakan (semakin baru semakin tinggi emisinya) dan jenis cetakkan (semakin banyak toner yang dibutuhkan semakin banyak emisinya).
Dari 62 printer yang diuji 17 printer diantaranya masuk dalam kategori membahayakan kesehatan. Sayingnya demi alas an tertentu, merek printer dalam kategori tersebut tidak disebutkan. Saatnya bagi produsen printer peduli kesehatan dan lingkungan..?!!

Sumber : www.qut.edu.au

7 komentar: