Rabu, 21 Januari 2009

Baterai Ramah Lingkungan

Menjemur baterai di genting menjadi kebiasaan bagi masyarakat kebanyakan di negeri kita ini. Sama halnya yang dilakukan mahar di film Laskar Pelangi juga mempopulerkannya. Tapi hal itu kini tinggal kenangan. Ada satu baterai yang isi ulangnya lebih keren. Pengisiannya tidak dengan matahari melainkan air seni…. Benar baterai ajaib itu bernama nopopo (Non-Pollution Power) buatan perusahaan Jepang Aqua Power System.
Meski terdengar cukup aneh, nopopo sanggup member daya sebesar 500 mAh (mili ampere per jam). Ia bisa menyalakan senter hingga 20 jam. Meski kekuatannya tidak sebesar baterai, nopopo juga bisa digunakan untuk radio atau jam. Cara me re-fill baterai ramah lingkungan yang tidak menggunakan mercury, cadmium, timah dan hexavalent chromium itu cukup mudah. Kita tinggal memasukkan cairan ke pipet yang terhubung dengan baterai. Cairan tersebut akan membangkitkan reaksi magnesium dan aluminum yang ada di dalamnya.
Nopopo juga dirancang sebagai baterai tahan lama dengan daya tahan pakai hingga 10 th. Namun pengisian ulangnya tidak boleh sering-sering dilakukan. Menggunakan air kencing untuk mengisi ulangnya mungkin hanya dilakukan pada saat kondisi darurat. Sebab Nopopo juga bisa diisi ulang dengan air ludah minuman soda, atau jus apel. Baterai itu bisa dibawa pulang dengan harga USD 15 (sekitar Rp 150 ribu per unit).

Sumber : Jawapos 20012009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar