Rabu, 21 Januari 2009

Merger Perusahaan “Harley Davidson Membeli Cagiva”

Perusahaan legendaries sepeda motor Amerika Serikat, Harley Davidson semakin agresif. Setelah diberitakan mengakuisisi kepemilikan MV Agusta (yang didalamnya juga ada merk Cagiva) dari tangan ClaudioCastiglioni awal tahun ini, Harley-Davidson ngebet pengen mengembalikan kejayaan motor sport Cagiva.Kabar yang beredar, mereka kini tengah mempersiapkan motor baru di bawah merk Cagiva. Sebenarnya bukanlah motor yang benar-benar anyar, karena mereka akan mengembangkan Raptor yang sebelumnya telah didagangkan Cagiva.
Raptor baru ini rencananya akan diluncurkan pada 2010. Jagoan anyar ini akan dilengkapi dengan mesin bertenaga 140dk berkapasitas 1.125c V-Twin. Mesin yang sama seperti dipakai pada Buell 1125R dan 1125CR. Selain Raptor, mereka juga mempersiapkan motor gedhe lain, yaitu versi 650cc dan 850cc. Tetapi, kolaborasi dua pabrikan itu tidak menggunakan mesin sendiri. Mereka sedang melirik Piaggio dan BMW. Bukan Cuma buat mogenya saja mereka berniat outsourcing, versi 125cc juga diberitakan akan dipasok dari kedua pabrikan itu.
Rencana besar ini, pada akhirnya ingin membuat cagiva menjadi pabrikan motor sport terdepan. Dalam 3 sampai 4 tahun kedepan, mereka juga akan membuat motor dengan mesin 1200cc bermesin rotax V-Twin yang bisa menyemburkan tenaga hingga 180dk. Dengan dilengkapinya line up cagiva ini, pabrikan Italia yang kepemilikannya di bawah pabrikan Amerika Serikat itu ditengarai bakal sejajar dengan pabrikan motor macam BMW, Aprilia, Ducati.
Dikutip dari otomotif 05012009

1 komentar: